Blogroll

Mengapa Jarum Jam Bergerak ke Kanan?

Saturday 13 June 2015

Viva.co.id - Jam menjadi bagian dari keseharian Anda saat ini, bahkan terdapat banyak sekali bentuk jam yang ada di sekeliling Anda mulai dari jam di dinding yang Anda lihat setiap hari, jam tangan untuk Anda bepergian serta jam digital yang ada pada layar smartphone Anda. Meskipun Anda selalu melihat ke arah jam setiap harinya, tetapi pernahkah Anda bertanya mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Tampaknya bagi Anda wajar saja jika jarum tersebut bergerak ke arah kanan tanpa mengetahui alasannya. Padahal pergerakan jam tersebut memiliki arti khusus dibaliknya, untuk mengetahui tentang hal ini mari Anda lihat terlebih dahulu sejarah dari adanya jam di dunia ini.


Sejarah Pembuatan Jam Sampai Bergerak Ke Arah Kanan
Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang jam matahari atau yang lebih dikenal dengan sundial. Bentuk ini sesungguhnya adalah jenis jam tertua yang pernah diciptakan oleh manusia. Jam ini pertama kali diciptakan pada saat 3.500 tahun yang lalu sebelum masehi, atau hampir enam ribu tahun yang lalu. Jam tersebut diciptakan oleh bangsa mesir yang pada saat itu menggunakan posisi matahari di langit sebagai alat untuk penunjuk waktunya. 
Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Bentuk dari jam matahari itu sendiri beraneka ragam, namun yang umum diketahui oleh orang-orang adalah jam yang bentuknya datar dengan tanda di sekelilingnya untuk menunjukkan waktu. Kemudian ditengah dari jam tersebut terdapat sebuah tiang yang pada siang hari akan menghasilkan bayangan. Orang Mesir jaman dahulu melihat posisi dari bayangan tersebut yang kemudian bayangan tersebut jatuh pada tanda di sekeliling jam yang bertuliskan penanda waktu tadi. Dengan cara inilah bangsa Mesir bisa mengetahui jam berapa saat ini.
Ternyata jam-jam seperti ini yang mengandalkan sinar matahari juga banyak dikembangkan oleh bangsa lain di Eropa dan Asia. Sejarah menunjukkan ada banyak lagi jam yang juga menggunakan bayangan yang dihasilkan oleh sinar matahari tersebut meskipun bentuknya bermacam-macam. Mengapa Jarum Jam Bergerak Ke Kanan? Alasannya dapat diambil dari bentuk jam tertua ini serta fungsi dari jam matahari tersebut.
Jam Matahari yang Menjadi Alasan Pergerakan Jarum Jam ke Kanan
Jika Anda perhatikan lebih lanjut pada jam matahari yang Anda lihat sejarahnya tadi, maka bisa dipastikan bahwa bayangan yang jatuh dari jam matahari tersebut ke penanda di sekelilingnya juga bergerak ke arah kanan. Kita lihat arah pergerakan dari bayangan yang ke kanan tadi sama persis dengan arah pergerakan jam modern yang kita miliki saat ini. Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Karena memang jam modern tersebut dibuat berdasarkan pergerakan bayangan dari jam matahari yang dibuat oleh bangsa Mesir tadi.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah lokasi dimana bangsa Mesir itu tinggal, kita tahu Mesir berada di bagian utara bumi. Di sini matahari akan terbit dari timur dan bergerak ke arah barat. Karena lokasi bangsa mesir yang ada di utara, maka bayangan dari jam matahari mereka juga bergerak ke arah kanan. Namun seandainya bangsa mesir berada di selatan bumi, maka bayangan tadi akan bergerak ke kiri. Selain bangsa mesir, lokasi bumi dibelahan utara juga lebih banya dihuni dibandingkan dengan dibelahan selatan. Mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Dengan sejarah ini maka kesepakatan agar jarum jam yang kita gunakan sekarang bergerak ke arah kanan bisa diterima banyak orang.

No comments:

Post a Comment

blibli

komputer
 

blibli

perawatan tubuh

Statistik

blibli

xiaomi

blibli

handphone-tablet